CPNS Kemenkumham 2017 udah berlalu dan udah ada pengumuman akhir. Tulisan ini tulisan cerita pengalaman aja. Share pengalaman gitu. Barangkali bakal ada CPNS lain-lainnya gitu. Kan bisa persiapan. Yak, bulan agustus tahun 2017 menjadi bulan dan tahun penuh harapan bagi saya dan teman-teman yang berjuang mencari pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).


Berdasarkan pengumuman yang tertera di laman http://cpns.kemenkumham.go.id/ formasi CPNS Kemenkumham membutuhkan 17.526. Jumlah yang besar ya

http://cpns.kemenkumham.go.id/assets/upload/2017/cpns/PengumumanCPNSKUMHAM2017.pdf

Layaknya zaman now yang udah masuk ke era digital ya informasi ada dan bisa lihat-lihat di berbagai sumber web resmi kemenkumham, cpns kemenkumham, twitter, grup telegram, grup wa dan lain-lain. Ya u know lah, grup-grup wa, telegram sangat membantu tapi informasi paling resmi tetep dari web resminya cpns kemenkumham.

Tampilan web resmi cpns kemenkumham























Dimulai dengan mendaftar melalui online. Saat mendaftar online, nanti ada kolom-kolom yang harus diisi mulai dari biodata, formasi yang dlamar, sama disuruh upload berkas-berkas yang dibutuhkan seperti pas foto, ijazah, transkrip, dll. Oiya daftarnya di web sscn bkn. Kalau udah beres dapet kartu ujian untuk hari-H ujian di BKN. Saya adalah peserta yang mendaftar di Yogyakarta jadi selama proses seleksi semuanya dilakukan di Yogyakarta. Pada awalnya sih TKB mau diselenggarakan di Jakarta, tapi gak jadi. Alhamdulillah ya gak keluar ongkos banyak. Oiya, aku ikut milih formasi Analis Keimigrasian Pertama untuk cumlaude yang jumlahnya 229 orang.

Tahapan seleksi meliputi administrasi, SKD, TKB, Wawancara. SKD dan TKB pakek sistem CAT ya. Kita bahas satu per satu, mulai dari SKD.

SKD tu Seleksi Kompetensi Dasar. Saya tes SKD di BKN, Jl Magelang. Pakaian putih hitam formal pakek sepatu fantovel. Dateng ke BKN, duduk antri, dapet penjelasan, cek kartu peserta, cek badan sebelum masuk (gak boleh bawa HP, jimat dll, yang boleh bawa harapan aja haha), masuk ke ruangan berhadapan dengan komputer karena sistemnya CAT. Skor SKD saya mepet. Saya dapet 336. Bagi saya, TIU adalah bagian paling susah. Selama kuliah gak pernah nyentuh itung-itungan kecuali saat matkul Mawaris (hehe Hukum Waris, maklum kuliah di UII). Yang lolos SKD itu 3x kebutuhan formasi.  Alhamdulillah melaju ke tahap selanjutnya, yaa walaupun dapet rangking terakhir-terakhir.

Dilanjut TKB (Tes Kompetensi Bidang). Saat itu aku melihat video kemenkumham tentang penyelenggaraan TKB ini, di video itu bilang bahwa soalnya nanti isinya adalah bidang dan substansi formasi yang dilamar. Formasi yang saya daftar adalah Analis Keimigrasian Pertama, AKP. Saat itu isi soalnya ya berkaitan dengan hukum dan imigrasi, seusai yang saya pelajari. Saya dapet skor 300 nih. Gak bagus juga ini tapi lumayan menolong. Ditahap ini tidak ada sistem gugur. Semua peserta melaju ke tahap wawancara.

Wawancara saya dapet 85.38. Saat wawancara, saya menegaskan bahwa saya ingin melanjutkan trend pengabdian saya. Saya dilahirkan di bumi ini adalah untuk beribadah dan mengabdi kepada Allah SWT. Setelah itu saya mengimplementasikan lebih jauh lagi yakni mengabdi kepada orang tua. Selanjutnya saya juga mengabdi kepada masyarakat baik dalam skala kecil maupun besar yang telah saya lakukan saat pendidikan sekolah dan kuliah, contohnya KKN (kuliah kerja nyata). Setelah lulus kuliah saya mengabdi kepada daerah sebagai duta wisata di Kabupaten Kulon Progo yang bernama Dimas Diajeng Kulon Progo. Selanjutnya saya ingin menjawab pertanyaan dari kebanyakan orang, apa yang ingin kamu berikan kepada negara? Apa kontribusimu? Dan inilah saat yang tepat untuk menjawab itu semua. Saya ingin mengabdi kepada negara.






















Saya keterima, lolos Alhamdulillah. Setelah pengumuman akhir, tiba saatnya pemberkasan. Pemberkasan juga dilakukan di Kantor Wilayah Kemenkumham DIY. Pemberkasan tu dateng ke kanwil bawa berkas yang harus dipersiapan mulai dari Daftar Riwayat Hidup, trus ijazah mulai dari sd hingga s1, transkrip, surat lamaran dll. Butuh teliti banget buat ngisi dan mempersiapkan semua itu karena kalau salah bakal disuruh ngulang sampek bener guys.

Sampai dengan tulisan ini di publish, masih nunggu SK buat tau penempatan dimana. Doain ya biar penempatan gak jauh-jauh dari dominisili. Syukur-syukur bisa di Jogja istimewa berhati nyaman. Hehe sekian semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama