Kita sebagai manusia pasti pernah melakukan kegiatan, baik kegiatan yang bersifat infividu maupun kelompok. Terkadang kita bingung bagaimana memulai kegiatan tersebut. Untuk mengarahkan kita dalam merealisasikan kegiatan tersebut maka kita harus membuat tahapan-tahapan yakni tahap pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Tahap Pra Pelaksanaan
Tahap ini saya sebut dengan tahap pra pelaksanaan karena pada tahap ini seseorang belum melaksanakan inti dari kegiatan melainkan melaksanakan persiapan-persiapan tertentu. Apa yang menjadi bahan persiapan itu tergantung inti kegiatan, namun secara mendasar ada beberapa persiapan yang penting di catat yakni apa yang akan dilakukan, dengan siapa, bagaimana, mengapa, kapan, dan dimana anda akan melaksanakan kegiatan.

2. Tahap Pelaksanaan
Tahap ini saya sebut dengan tahap pelaksanaan karena pada tahap ini seseorang benar-benar melaksanakan inti dari kegiatan yang telah dipersiapkan.

3. Tahap Pasca Pelaksanaan
Kegiatan yang anda lakukan tidak berhenti begitu saja dengan selesainya tahap pelaksanaan, karena anda harus mempertanggungjawabkan apa yang anda lakukan baik secara vertikal (kepada Allah) maupun horizontal (kepada manusia).

baca tulisan yang lainnya disini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama